Jumat, 09 November 2012

Pembalasan Ibu Untuk Anaknya



Diary of June


Saat ia yang kusayangi tersakiti, tak akan aku hanya berdiam diri. Harus kalian rasakan sakitnya ia, dan sakitnya aku melihatnya menderita.

Seorang siswa SMP ditemukan dalam keadaan tak bernyawa terjatuh dari atas gedung. Dengan muka besimbah darah ia diduga bunuh diri oleh tim penyidik. Namun, Chuu Ja young seorang detektif wanita dengan juniornya Kim Dong Wook merasa ada hal aneh dari kasus bunuh diri ini. Untuk memastikan hal tersebut mayat diperiksa lebih lanjut ke rumah sakit. Ditemukan sebuah kapsul di dalam perut mayat. Setelah kapsul itu dibuka ternyata, di dalamnya berisi kertas kecil yang bertuliskan nama korban dan tanggal kematiannya. Subuah potongan diary. Belum sempat kedua detektif muda itu mengungkap kasus tersebut, sebuah kematian siswa SMP kembali terjadi. Di tubuh mayat siswa SMP tersebut terdapat beberapa luka tusukan. Detektif muda Ja dan Kim meminta mayat tersebut dan diperiksa isi perutnya. Sama seperti kasus pertama, di dalamnya terdapat kapsul yang berisikan potongan diary. Tertulis nama, tanggal serta lengkap dengan tempat terjadinya kematian pemilik tubuh tak bernyawa itu.

Dari kesamaan bukti berupa potongan diary itu penyelidikan kasus yang diduga pembunuhan berencana ini dimulai. Detektif muda Ja dan Kim mencari identitas korban dan mulai melakukan penyelidikan di sekolahnya. Ternyata kedua korban berasal dari satu sekolah yang sama. Dibantu dengan pihak sekolah detektif Ja dan Kim memeriksa buku murid sekolah tersebut dan mencari tulisan yang sama dengan tulisan yang ada di potongan diary dalam tubuh korban. Setelah semua diperiksa, hasilnya nihil. Tak ditemukan tulisan yang sama. Tak berputus asa Detektif Ja dan Kim menemui seorang guru dan meminta buku catatan semua murid yang masih bersekolah atau pun tidak disekolah itu lagi. Berbuah hasil. Satu buku catatan dengan tulisan yang sama persis dengan potongan diary ditemukan. Buku catatan milik Jin-Mo yang telah meninggal beberapa bulan sebelumnya dalam kasus tabrak lari.

Penyidikan berlangsung, pembunuhan siswa SMP tersebut juga tetap berlanjut. Korbannya bertambah dengan potongan diary di dalam tubuh. Kasus ini sempat hampir ditutup oleh kepala penyidik karena dalam waktu yang cukup lama belum ditemukan bukti yang kuat. Detektif muda Ja dan Kim mencari identitas Jin-Mo dan keluarganya. Sembari mencari  keluarga Jin-Mo, setiap siswa yang sekelas dengan Jin-Mo diinterogasi satu per satu. Jin-Mo seorang anak yang pendiam dan penyendiri. Dari beberapa siswa yang diinterogasi, satu orang siswa didekati oleh detektif Kim. Siswa ini terlalu mencolok dengan gaya premannya. Ia didesak untuk menceritakan sesuatu tentang Jin-Mo, sempat ia diancam. Dengan terpaksa dan diam-diam siswa tersebut mengungkapkan siapa Jin-Mo sebenarnya dan bagaiman sikap teman-teman sekelasnya terhadap Jin-Mo. Ia juga menujukkan satu situs rahasia milik kelas mereka. Di dalamnya terdapat banyak sekali video penganiayaan terhadap Jin-Mo oleh hampir semua teman di kelasnya. Setiap hari Jin-Mo di Bully di kelas, toilet atau di gudang sekolah.

Setelah penemuan video tersebut, personil penyidik ditambah. Dipermudah lagi dengan ditemukannya rumah keluarga Jin-Mo. Meski tak berpenghuni lagi, masih terdapat banyak barang-barang di dalamnya untuk dijadikan bantuan. Sebuah foto tertinggal di sana. Foto seorang wanita cantik yang ternyata teman semasa SMP detektif Ja. Seo Yoon Hee namanya. Seo Yoon Hee adalah ibu Jin-Mo yang keberadaannya belum diketahui di mana. 

Satu kasus terjadi lagi, bertempat di rumah sakit seorang siswa tewas saat alat bantu pernafasan dan alat lainnya terlepas. Kembali terdapat potongan diary di dalam tubuhnya. Kali ini detektif ja bertemu dengan ibu Jin-Mo di tempat kejadian. Ibu Jin-Mo mengenakan pakaian perawat rumah sakit tersebut. Tapi ia tidak terdaftar sebagai perawat di sana.

Hasil penyidikan di dapat, ibu Jin-Mo terlibat dalam kasus pembunuhan siswa ini. Begitu juga dengan kasus-kasus sebelumnya. Apalagi keponakannya yang juga ternyata teman sekelas Jin-Mo  terancam akan menjadi korban selanjutnya. Joon Ha. Ini membuat detektif Ja merasa sangat tidak tenang. Joon Ha diculik oleh Ibu Jin-Mo dan diancam akan dibunuh. Di sini detektif Ja dihadapkan dengan situasi yang sulit. Apa yang akan dilakukan detektif muda Ja?

Inilah dia, sebuah film thriller garapan Im Kyung Soo. Film dari korea selatan ini mengangkat tema tentang bully di sekolah serta pembalasan dendam seorang Ibu yang anaknya korban bully di sekolah. Dengan suasana sekolah, film ini menampilkan gaya dan sedikit sisi lain dari anak sekolah di Korea Selatan.

Film thriller yang disutradarai Im Kyung Soo ini mencoba mengangkat dua fokus di dalamnya. Antara ingin menonjolkan pembalasan dendam seorang ibu dan pelecehan di sekolah sehingga keduanya terlihat tanggung dan kurang fokus. Selain itu, sebagai film bergenre thriller kesan menegangkan susah didapat. Sehingga film ini terkesan seperti drama biasa. Berbeda dengan dua drama yang bertema sama. Film Princess Aurora atau Sympathy for Lady Vengeance film yang mengangkat tema dan alur yang hampir mirip. Dalam dua film ini genre thrillernya lebih terasa. Dalam film Diary of June ini kesan mellow atau sad movie justru muncul ke permukaan.

 Meski begitu, film ini lumayan bagus untuk ditonton. Film ini juga menyiratkan pesan moril untuk penontonnya. Mungkin supaya lebih perhatian dan peduli dengan masalah yang dihadapi anak di sekolah, bahaya tindak kekerasan terhadap korbannya. Sehingga cerita di dalamnya cukup menggugah naluri. Seseorang yang merasa tersakiti saat orang yang disayangi dilecehkan. 

Selanjutnya Pengambilan gambar yang oke serta pemain yang tidak mengecewakan salah satu alasannya. Detektif Ja yang diperankan oleh Shin Eun Kyung berhasil memerankan seorang detektif tomboy yang cuek dikolaborasikan dengan Yoon Jin, Ibu Jin-Mo yang terlihat lemah namun menyimpan luka di dalamnya. Ditambah lagi artis pendatang baru Eric Moon sebagai junior Detektif Ja. Meskipun Eric terlihat kaku, namun tertutupi dengan kedua artis senior yang bersamanya.

Karena film ini menampilkan adegan penganiayaan terhadap Jin-Mo yang sadis dan kurang mendidik serta ditampilkannya juga cara mengambil kapsul di dalam perut dengan cara yang cukup mengerikan, tentunya adegan ini kurang baik jika ditonton oleh anak di bawah umur tanpa pengawasan orang tua.




Judul                     : Diary Of June
Sutradara              : Im Kyung Soo
Pemain                  : Shin Eun Kyung,  Yoon Jin, Eric Moon
Durasi                   : 110 menit
Tahun Rilis             : 2005


0 komentar:

Posting Komentar